Melihat Iridium Flare

Kemarin malam sekitar jam 7 saya sedang santai dan refreshing sambil melihat langit malam ;). Tiba-tiba saya melihat sebuah objek langit seperti bintang yang memiliki cahaya bewarna orange dan yang membuat saya heran adalah cahaya bintang itu terus bertambah terang (bahkan melebihi sirius dan venus !), bertambah terang dan akhirnya dalam beberapa detik cahaya meredup dan hilang dari penglihatan 😯 . Kejadian itu hanya terjadi dalam beberapa detik dan waktu itu saya melihat obyek tersebut di sebelah timur bagian selatan letaknya dekat dengan bintang Antares.

hmmm….

 …. itu apa ya ?? supernova ??? enggak mungkin deh :mrgreen: pasti dunia udah heboh kalau itu terjadi. Trus… pesawat ? satelit ? UFO ?? atau cuman imajinasi saya ??

Akhirnya saya tanya ke mbah google. Lihat di yahoo answer dan pas banget ada yang pertanyaannya sama dengan yang ingin saya tanyakan 😀 dan terjawablah pertanyaan saya :).  Jadi objek langit yang saya liat waktu itu adalah

 Iridium Flare

Menurut wikipedia Iridium Flare adalah

Satellite flare (also known as satellite glint) is the phenomenon caused by the reflective surfaces on satellites (such asantennas or solar panels) reflecting sunlight directly onto the Earth below and appearing as a brief, bright “flare”.

The Iridium communication satellites have a peculiar shape with three polished door-sized antennas, 120° apart and at 40° angles with the main bus. The forward antenna faces the direction the satellite is traveling. Occasionally, an antenna reflects sunlight directly down at Earth, creating a predictable and quickly moving illuminated spot on the surface below of about 10 km diameter. To an observer this looks like a bright flash, or flare in the sky, with a duration of a few seconds.

Ranging up to -8 magnitude (rarely to a brilliant -9.5), some of the flares are so bright that they can be seen in the daytime; but they are most impressive at night.

[http://en.wikipedia.org/wiki/Iridium_flare]

Flare Simulation

Oooo.. begitu ya 😀 jadi yang saya liat adalah pantulan cahaya matahari yang mengenai salah satu antena satelit komunikasi Iridium. Haha dikirain apaan ya :).

Terus saya coba buka website Heavens Above untuk melihat datanya :).

Ternyata benar 😀 obyek bersinar yang saya liat sekitar jam 7 malam itu adalah satelit Iridium dengan magnitude -8 😯 (pantesan terang banget).

Buat teman-teman yang ingin liat Iridium Flare bisa cek waktu dan lokasinya di Heavens Above  🙂

References :

3 thoughts on “Melihat Iridium Flare

Leave a Reply

